/* ------------kode 2 -------------------------- */ /* ------------- batas kode 2 -------------------*/

Kamis, 14 Juli 2011

Profil dan Pimpinan Fakultas Teknik

Fakultas Teknik, lahir seumur dengan Universitas "45" Makassar tahun 1986, secara terus-menerus melakukan perbaikan internal. Perubahan dan penerapan paradigma baru perguruan tinggi dengan orientasi pada kualitas, akuntabilitas, akreditasi, adan evaluasi diri secara berkesinambungan terus dilakukan. Realisasi paradigma baru mengharuskan Fakultas Teknik Universitas "45" melakukan perbaikan secara fundamental terhadap sistem manajemen dan organisasi dari waktu ke waktu.

Sebagai upaya pengembangan rumusan visi dan misi, yaitu mampu menghasilkan alumni yang memiliki keunggulan kompetitif dengan penguasaan knowledge, technical skill, dan memiliki jiwa entrepreneurship yang handal. Penerapan Pola Ilmiah Pokok (PIP) dalam kurikulum, berupa pengembangan kewirausahaan (Entrepreneurship Development) merupakan upaya yang terarah dan terprogram untuk menumbuhkembangkan sifat kewirausahaan yang mandiri, meningkatkan kemampuan dan keterampilan khusus dibidangnya untuk mengantisipasi kesulitan alumni bersaing dalam mendapatkan lapangan kerja.

Fakultas Teknik membina 4 (empat) Program Studi atau Jurusan antara lain Jurusan Sipil, Jurusan Planologi (Perencanaan Wilayah & Kota), Jurusan Arsitektur dan Jurusan Teknik Kimia. Jurusan-jurusan ini mempunyai bidang spesifik sesuai dengan penguasaan ilmunya

Aktifitas mahasiswa dalam pembelajaran merupakan aktifitas yang rutin dilaksanakan. Disamping itu untuk membentuk penalaran dan penyaluran minat dan bakat, mahasiswa dibina melalui unit kegiatan organisasi inter kampur, organisasi ekstern kampus dan unit kegiatan mahasiswa.

Mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu mendapat bantuan beasiswa Supersemar, EEDP, PPA, DBO dan TPSDP.

Fungsi Lembaga sebagai lembaga yang melaksanakan pendidikan tinggi, Fakultas teknik melaksanakan fungsi berikut ini :
  1. Pendidikan
    Proses pendidikan diasuh oleh tenaga pengajar yang terdiri dari dosen Yayasan, Kopertis dan dosen Luar Biasa sebagai usaha transfer ilmu dan pembanding. Dosen Yayasan dan Kopertis merupakan dosen tetap, rata-rata berkualifikasi S2. Untuk mengembangkan kualitas dosen, dilakukan melalui studi lanjut S3 di berbagai perguruan tinggi, baik di Makassar maupun di Jawa.
    Penunjang proses pendidikan dengan sarana dan fasilitas berikut ini :
    • Laboratorium Jurusan Sipil, Kimia dan Studio Arsitektur, Planologi difungsikan oleh para mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang diperoleh secara teoritis.
    • Laboratorium Komputer digunakan untuk aplikasi ilmu dalam menggunakan komputerisasi keteknikan setiap jurusan.
    • Laboratorium Bahasa Inggris terpusat di Universitas.
    • Perpustakaan terpusat di Universitas sebagai tempat menimba ilmu dan tempat memperbanyak literatur.
  2. Penelitian
    Kegiatan ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan penelitian dilakukan secara mandiri dan kelompok, baik untuk memenuhi kebutuhan tersebut maupun untuk menyelesaikan tugas akhir yang berkaitan dengan kegiatan di laboratorium.
  3. Pengabdian Masyarakat
    Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktifitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat kongkret dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif singkat. Aktifitas ini dilakukan secara individual ataupun kelompok oleh anggota Sivitas Akademika. Bagi mahasiswa, kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kuliah Kerja Profesi (KKP) dan Kerja Praktek (KP).
Alumni sebagai hasil proses dari fungsi lembaga tersebut, pada awal tahun ajaran 1992/1993 untuk pertama kali Fakultas Teknik menyelenggarakan sidang ujian sarjana yang diikuti oleh satu orang mahasiswa. Sidang ujian berikutnya pada akhir tahun ajaran 1992/1993 diikuti oleh tiga orang mahasiswa. Wisuda sarjana pertama tahun 1992, baru dapat diikuti pada Wisuda III Sarjana Universitas dengan satu wisudawan. Wisudawan sarjana kedua diikuti pada Wisuda IV Sarjana Universitas dengan wisudawan sebanyak tiga orang. Demikian wisuda terus berlangsung, setahun dua kali sehingga sampai pada wisuda XXXVII yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2009. Keberadaan dan pekerjaan alumni tersebar pada beberapa instansi swasta, pemerintah, industri dan tidak kurang yang melakukan usaha mandiri.

Information Program Study Lainnya :

2 komentar:

  1. APA KAH KAMPUS INI MENERIMAH MAHASISWA tRANFERAN DARI UNIVERSITAS LAIN,..MOHON BANTUANNYA,..TRIMS

    BalasHapus
  2. asal jangan cuma mau ijasah saja truss tidak bermasalah dikampus sebelumnya lalu memindahkan/ menimbulkan masalah baru dikampus kami.....janji...janji...janji...bosss...oke? ,,,by alumni FT Sipil 2002

    BalasHapus