/* ------------kode 2 -------------------------- */ /* ------------- batas kode 2 -------------------*/

Kamis, 14 Juli 2011

Profil dan Pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan fakultas baru di lingkungan Universitas "45" Makassar. FKIP mulai berdiri pada tahun 2006 berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 3397/D/T/2006 tanggal 8 September 2006 tentang pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi Bahasa Indonesia. Kedua Program Studi ini membantu pemerintah dalam pengadaan guru/pendidik bahasa yang profesional dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi Bahasa Indonesia ini mengembang misi untuk nendidik mahasiswa agar menguasai bahan pembelajaran Bahasa Inggris/Bahasa Indonesia. Lulusan kedua program studi ini diharapkan memiliki kualifikasi akademik berikut ini :

  1. Memantapkan wawasan kependidikan, sikap dan kemampuannya sebagai guru dan pendidik.
  2. Memantapkan kemampuan dalam penguasaan isi dan pengelolaan proses belajar mengajar dalam bidang studi bahasa Inggris/bahasa Indonesia.
  3. Menguasai bahan pembelajaran bahasa Inggris/bahasa Indonesia.
  4. Menguasai konsep dan strategi pembelajaran bahasa Inggris/bahasa Indonesia.
  5. Menguasai prodesur dan alat evaluasi proses dan hasil pembelajaran bahasa Inggris/bahasa Indonesia.
  6. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam disiplin ilmu bidang keahlian yang relevan untuk dapat memperbaiki proses pembelajaran bahasa Inggris/bahasa Indonesia, terutama pada tingkat sekolah lanjutan atas.
  7. Mampu mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang relevan dengan bidang keahliannya.


Untuk menjadi mahasiswa yang kuliah di Program Studi pendidikan bahasa ini, selain diterima dari lulusan SLTA juga diterima penyetaraan dari lulusan D2 dan D3 bahasa Inggris/bahasa Indonesia atau lulusan D2 dan D3 Pendidikan bahasa Inggris/bahasa Indonesia. Guru-guru pengajar bidang studi bahasa Inggris/bahasa Indonesia di SLTP/SLTA yang belum berkualifikasi pendidikan S1 dapat melanjutkan studi di program studi bahasa ini. Selain itu juga dibuka kelas penyetaraan bagi sarjana bahasa Inggris/bahasa Indonesia (nonpendidikan) yang ingin memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan studi 2 (dua) semester.

Universitas "45" Makassar akan membuka Program Studi Teknologi Informatika dan Komunikasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi/Koperasi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Antropologi, Pendidikan Seni, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Program Studi S1 PGSD. Izin penyelenggaraan untuk semua program studi tersebut sedang dalam proses.

FKIP menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan total SKS yang harus dilulusi oleh mahasiswa adalah sebanyak 148 SKS dan sistem pembelajaran yang berorientasi Student Learning. 


Information Program Study Lainnya :
Ekonomi | Ilmui Sosial | Pertanian | Teknik | Sastra | Hukum | Psikologi | Keguruan Ilmu Pendidikan


1 komentar: