/* ------------kode 2 -------------------------- */ /* ------------- batas kode 2 -------------------*/

Kamis, 14 Juli 2011

Profil dan Pimpinan Fakultas Psikologi

Perguruan Tinggi dapat mengembangkan sejumlah Program Studi merupakan upaya untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi kalangan peminat pendidikan berbagai jenjang untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Kenyataan menunjukkan bahwa hampir setiap tahun ajaran terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang masuk pada jenjang studi yang tersedia di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan harapan agar lulusan para peserta program studi yang dipilih dapat digeluti dengan tekun sampai mencapai kesuksesan.

Lulusan siswa SMU setiap tahun terus meningkat sehingga tantangan bagi Perguruan Tinggi Negeri/Swasta adalah menyediakan sejumlah program studi yang diminati calon mahasiswa yang mempunyai prospek ke depan sehingga dapat mandiri dan menciptakan lapangan kerja baru diberbagai bidang.

Universitas "45" menjawab tantangan tersebut dengan membuka Program Studi Psikologi. Pembukaan Program Studi Psikologi UNiversitas "45" Makassar, membutuhkan waktu yang panjang atau serangkaian proses yang sistematis, sehingga Program Studi Psikologi Universitas "45" diharapkan dapat memberikan bekal untuk pembentukan pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur serta memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal dalam menciptakan lapangan kerja baru di lingkungannya.

Pembukaan Program Studi Psikologi Universitas "45" Makassar berdasarkan Surat Keputusan No. 24/DT/2006 tanggal 31 Juli 2006 yang mempunyai visi, misi serta tujuan sebagai berikut :
  1.  VISI PROGRAM STUDI :
    Menghasilkan Sarjana Psikologi yang berkualitas berdasarkan kode etik dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. MISI PROGRAM STUDI :
    Menjadi Institusi Pengembangan Psikologi yang Profesional di Kawasan Indonesia Timur.
  3. TUJUAN PROGRAM STUDI :
    • Membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan penuh rasa tanggung jawab demi masa depan bangsa dan negara, sesuai dengan jiwa, semangat dan nilai-nilai 45.
    • Menyiapkan mahasiwa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS).
    • Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan Indonesia.
    • Meningkatkan kualitas manusia sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berwatak, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, tanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, kreatif, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air dan memiliki rasa kesetiakawanan sosial.

Untuk mendukung proses pembelajaran, Universitas "45" Makassar telah mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai, serta menjalin kerjasama UNHAS dan UNM guna pengadaan tenaga pengajar yang profesional.

Program Studi Psikologi Universitas "45" Makassar, memiliki sarana dan prasarana ruang kuliah yang ber-AC, ruang kantor, perpustakaan, Labiratorium Bahasa dan Komputer serta fasilitas pendukung lainnya.

Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Nasional yang dikelompokkkan kedalam mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), mata kuliah Berkehidupan Masyarakat (MBB). Adapun jumlah beban studi yang tersedia berjumlah 160 SKS yang terdiri atas mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Untuk menjadi seorang Sarjana Psikologi harus melulusi minimal 144 SKS dengan 116 SKS mata kuliah wajib dan 28 SKS mata kuliah pilihan.

Information Program Study Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar