/* ------------kode 2 -------------------------- */ /* ------------- batas kode 2 -------------------*/

Kamis, 14 Juli 2011

Profil dan Pimpinan Fakultas Ekonomi

 Proses pendidikan nasional pada hakikatnya merupakan suatu proses pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mengungkapkan potensi yang ada pada manusia Indonesia. Untuk mencapai hal itu, proses pendidikan hendaknya ditujukan untuk meningkatkan kemampuan intelektual, mengembangkan diri secara berkelanjutan, proaktif, dan menumbuhkan budaya pembelajaran mandiri (self-learning), serta mampu menciptakan academic atmosphere yang akan berdampak pada terciptanya daya saing yang dapat diandalkan di pasar regional dan global.

Dalam kaitan itu, Fakultas Ekonomi Universitas "45" yang didirikan sejak tahun 1986 membina 3 (tiga) Program Studi dan mendapat pengakuan dari pemerintah melalui BAN pada tahun 2005 yaitu :

  1. Program Studi Ilmu Ekonomi dengan akreditasi B. Program Studi ini bertujuan menyiapkan luaran yang mempunyai keahlian mendesain, menganalisis, dan memonitor kebijakan pembangunan ekonomi regional, nsional dan internasional. Konsentrasi dari program ini adalah Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan, Ekonomi Moneter dan Perbankan, Ekonomi Sumber Daya Manusia dan SDA dan konsentrasi ekonomi publik.
  2. Program Studi Manajemen dengan akreditasi B. Program Studi ini bertujuan menyiapkan luaran yang mempunyai keahlian di bidang manajerial yang profesional dan ahli di bidang sumber daya manusia, pemasaran, produksi dan keuangan.
  3. Program Studi Akuntansi dengan akreditasi B dengan konsentrasi Akuntansi Pemerintahan dan Akuntansi Perbankan. Program Studi ini bertujuan menyiapkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian secara profesional di bidang keuangan, perpajakan, pemeriksaan laporan keuangan dan manajemen akuntansi.
    Sejak tahun 2008 membuka Program Pascasarjana (S2) untuk Program Studi Manajemen Keuangan. Sejak berdirinya Fakultas Ekonomi sampai saat ini telah melahirkan sarjana lebih dari 1.900 orang dan pada tahun ajaran 2008/2009, membina mahasiswa kurang lebih 900 orang. Untuk mengembangkan sifat kritis, bertanggung jawab, konstruktif, dan santun perlu suatu proses yang didukung oleh prasarana dan sarana memadai. Untuk itu, Fakultas Ekonomi mempunyai ruang kuliah, laboratorium komputer, laboratorium bahasa dan perpustakaan yang didukung oleh tenaga pengajar yang profesional di bidangnya, yang terdiri dari Dosen Yayasan, Dosen Kopertis, dan Dosen Luar Biasa. Dosen Yayasan dan Dosen Kopertis merupakan dosen tetap yang berkualifikasi Magister (S2) dan Doktor (S3) serta Profesor. Semua program studi di atas didukung oleh kurikulum yang sesuai dengan dunia kerja yang ada sekarang, dan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas, yaitu pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship). Fakultas Ekonomi akan mampu menumbuhkan jiwa kemandirian bagi mahasiswa sehingga output yang dihasilkan mempunyai daya saing di pasar kerja. Adapun indeks prestasi kumulatif (IPK) yang didapat mahasiswa rata-rata 3,25.

    Hingga kini alumni terserap dan eksis di berbagai instansi, antara lain, instansi-instansi pemerintah, swasta, pengusaha, politik, dan pertahanan keamanan. Semua itu didukung oleh adanya interkoneksi berbagai instansi dan kerjasama industri sehingga mahasiswa dapat mengadakan studi lapang yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai dunia kerja.


Information Program Study Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar