/* ------------kode 2 -------------------------- */ /* ------------- batas kode 2 -------------------*/

Kamis, 14 Juli 2011

Profil dan Pimpinan Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas "45" Makassar telah berdiri sejak tahun 1986 dan telah menghasilkan lebih dari 2.187 alumni yang telah terserap di beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta. Fakultas Pertanian membina 5 (lima) Jurusan atau Program Studi yang semuanya telah terakreditasi (tanpa ujian negara), yaitu :

  1. Jurusan Budidaya Pertanian (Gelar Sarjana Pertanian) dengan Program Studi Budidaya Pertanian.
  2. Jurusan Teknologi Pertanian (Gelar Sarjana Teknologi Pertanian) dengan Program Studi Teknologi Pertanian.
  3. Jurusan Sosial Ekonomi (Gelar Sarjana Pertanian) dengan Program Studi Sosial Ekonomi (Agribisnis)
  4. Jurusan Perikanan (Gelar Sarjana Perikanan) dengan Program Studi Produksi Perairan.
  5. Jurusan Peternakan (Gelar Sarjana Peternakan) dengan Program Studi Produksi Ternak.


Seiring dengan Visi dan Misi Pembangunan Pertanian yaitu terciptanya sistem pertanian yang tangguh dan berkelanjutan yang mutlak membutuhkan keterpaduan berbagai sub sektor pertanian dalam arti luas (terpadu secara horizontal) maupun keterpaduan dari hulu hingga hilir (agribisnis), maka Fakultas Pertanian Universitas "45" merancang suatu kurikulum integrasi dari kelima jurusan yang dibina, dengan tetap mengacu pada kurikulum inti dari setiap program studi yang menggambarkan kompetensi utama dari lulusan program studi tersebut, sedangkan kurikulum institusional diberikan pada setiap program studi lain sebagai kompetensi pendukung. Dengan harapan bahwa luaran Fakultas Pertanian Universitas "45" adalah Sarjana yang ahli/profesional di bidangnya (kompetensi utama) yang didukung oleh pengetahuan yang komprehensif mengenai pertanian dalam arti luas serta mampu mengelola SDA secara arif dan bijaksana melalui pengembangan teknologi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan (bukan Sarjana Pertanian yang hanya memahami pertanian secara parsial dan sangat sempit) yang banyak ditelorkan oleh beberapa perguruan tinggi pertanian saat ini yang kurang relevan lagi dengan tuntutan sumber daya manusia di masa sekarang dan akan datang.

Fakultas Pertanian Universitas "45" Makassar telah membina beberapa bentuk kerjasama antara lain :

  1. Kerjasama dengan PEMDA beberapa Kabupaten di Kawasan Timur Indonesia membina mahasiswa TUGAS BELAJAR.
  2. Kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, serta Universitas Hasanuddin Makassar dalam pelaksanaan penelitian HIBAH PEKERTI.
  3. Kerjasama dengan forum kemitraan Bahari Regional Centre Sul-Sel dalam pemberdayaan masyarakat pesisir di Kabupaten Takalar.
  4. Kerjasama dengan beberapa sponsor beasiswa antara lain Supersemar, Bank Rakyat Indonesia, dan dari DIKTI (PPA, Kerusuhan dan sebagainya).

Fakultas Pertanian Universitas "45" Makassar memiliki 31 orang staf pengajar dengan kualifikasi Doktor (S3) 4 orang, dan 27 orang Magister (S2), Kandidat Doktor 15 orang, ditambah dengan tenaga pengajar Luar Biasa dari UNHAS dan instansi terkait dengan kualifikasi Guru Besar (Profesor).

Information Program Study Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar